State Elementary School

Minggu, 08 Oktober 2023

Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Tentang Metode/Strategi Pembelajaran Semua Mata Pelajaran Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024

Workshop Peningkatan Kompetensi Guru tentang Metode/Strategi Pembelajaran semua Mata Pelajaran Semester Ganjil
Tahun Pelajaran 2023/2024

Workshop Peningkatan Kompetensi Guru
di Ruang Laboratorium Komputer SDN 09 Sintang (Sabtu, 7 Oktober 2023)

Dalam upaya peningkatkan kompetensi guru tentang metode/strategi pembelajaran semua mata Pelajaran, SDN 09 Sintang memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai pemanfaatan bahan ajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

SDN 09 Sintang menyelenggarakan Workshop Mandiri tentang Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada tanggal 7 Oktober 2023 bertempat di ruang Laboratorium Komputer Sekolah. Sebagai nara sumber yaitu Bapak Zulkifli, S.Pd.SD selaku kepala sekolah dan Ibu Ester, S.Th, M.Pd sebagai guru penggerak.

PMM merupakan aplikasi yang dikembangkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) merupakan platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk pendidik dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang memiliki jargon Belajar, Mengajar, dan Berkarya. PMM menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Memberikan fasilitas Pelatihan Mandiri kepada guru dan tenaga kependidikan untuk dapat memperoleh materi pelatihan berkualitas dengan mengaksesnya secara mandiri, untuk mengembangkan diri dengan akses tidak terbatas yang pada akhirnya adalah mengembangkan kualitas dari komptensinya dalam Impelementasi Kurikulum Merdeka.

Dikarenakan besarnya peranan PMM dalam penerapan Kurikulum Merdeka, oleh sebab itu semua guru dan tenaga kependidikan wajib mengakses PMM sebagai sarana untuk mempelajari berbagai hal tentang kurikulum merdeka dan mengerjakan pelatihan secara mandiri untuk mengembangkan kompetensinya sehingga dapat mengembangkan kualitas pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum merdeka.

Adapun Rangkuman Materi yang di sampaikan pada kegiatan Workshop Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) yaitu :
  1. Cara mengakses dan menggunakan PMM
  2. Pengenalan Kurikulum Merdeka
  3. Mempelajari Pelatihan IKM
  4. Mengakses Perangkat Ajar
  5. Pengembangan diri (Pelatihan Mandiri, Komunitas)








0 comments:

Posting Komentar